Jumat, 10 Februari 2012

KSR PMI UNIT 04 UNIMAL

Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) adalah organisasi yang ada diperguruan tinngi sebagai organisasi Palang Merah, KSR-PMI merupakan wadah yang menyiapkan tenaga Kepalang Merahan yang selalu berada dalam siaga dengan rasa senag dan tulus iklas setiap saat menyediakan diri untuk memberikan bantuan dan bantuan sesuai dengan kemampuannya bagi sesame ummat yang memerlukan. Maka dari KSR-PMI akan berusaha semaksimal mungkin dalam membaerikan pelayanan kepada masyarakat sebagai pengalaman Tri Darma Perguruan Tinggi dengan tidak mangharapkan imbalan tanpa pamrih.
Untuk itu KSR-PMI diperguruan tinggi dituntut harus dapat mengaktualisasikan kinerjanya dan menjadikan professional sebagai modal dasar untuk mengantisipasikan gejala keretakan pada dimensi kemanusiaan yang telah banyak menimbulkan masalah dan korban kemanusiaan.
Dalam menyikapi masalah ini anggota KSR-PMI Perguruan Tinggi di seluruh Indinesia khususnya di NAD, harus menyatukan Visi dan Misinya untuk lebih mempertegaskan komitmen sebagai organisasi non pemerintah yang dituntut untuk dapat mempertahankan prinsip Independensi demi kemanusiaan. Peranan penting yang dipegang KSR-PMI membuat posisi anggotanya harus professional dalam menjalankan tugasnya. Tugas KSR-PMI Perguruan Tinggi bukan hanya pada penyelenggaraan Donor Darah, Evaluasi, Lomba PMR dan kegiatan yang bersifat seremoni, namun lebih jauh orentasinya yaitu mempersiapkan diri dalam membantu korban Kemanusiaan, baik pengunsi, korban kerusuhan dan bencana alam yang banyak memekan korban.
Oleh karena itu khususnya KSR-PMI UNIT 04 UNIVERSITAS MALIKUSSALEH, yang didirikan dengan SK Rektor Universitas Malikussaleh No : 22/UM.H/Z/KEP/2000, pada tanggal 17 Mei 2000. pada awal berdirinya merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk mempersiapkan tenaga Sukarelawan yang terampil, propesional dalam karya bakti dan prestasi.
Dengan bertambahnya usia KSR-PMI Universitas Malikussaleh ini, berbagai tugas berat terus diemban karena walau dalam Konflik, Bencana Tsunami dan Banjir yang melanda Aceh kita dituntut harus siaop dalam kondisi apa pun. Terkait hal tersebut diatas, nilai Independensi kita terus dikuatkan, demi tugas kemanusiaan.
Pertolongan yang diberikan oleh KSR-PMI UNIT 04 UNIVERSITAS MALIKUSSALEH , ketika situasi konflik dan bencana lainnya khususnya di NAD, bukanuntuk kepentingan kelompok atau kepentingan golongan tertentu, akan tetapi didasari atas Prinsip Dasar Merah dan Bulan Sabit Merah International dalam mengemban tugas kemanusiaan.
Walaupun KSR-PMI Unit 04 belim mampu membarikan yang terbaik dan maksimal terhadap pelayanaan pertolongan kepada masyarakat akan tetapi kontribusi KSR-PMI Unit 04 Universitas Malikussaleh telah begitu banyak menunjang terciptanya Iklim Kondusif dalam masyarakat. Disaat ini dimana kondisi NAD, yang belum bangkit dari musibah Tsunami yang merenggut ratusan ribu manusia dan kerugian material lainnya, kembali lagi banjir melanda beberapa Kecamatan dan Kabupaten di NAD, KSR-PMI UNIT 04 UNIVERSITAS MALIKUSSALEH telah berdiri sebagai Sukarelawan digaris depan untuk membarikan bantuan yang sangat dibutuhkan segera penanganannyaseperti Evakuasi korban yang terjebak banjir untuk dikumpulkan disuatu tempat yang diangap aman, memberikan bantuan pertama dalambentuk konsumsi dan air bersih bagi pengunsi, juga melakukan pengawasan kesehatan terhadap pengunsi. Kegiatan ini terus dilakukan oleh oleh relawan KSR-PMI UNIT 04 UNIMAL bekerjasam dengan PMI CABANG ACEH UTARA dan relawan dari luar Aceh. Walaupun segala kekurangan menyangkut sarana dan prasarana yang menunjang dalam kegiatan kemanusiaan dialami dilapangan tidak membuat relawan KSR-PMI UNIT 04 UNIMAL mati langkah, karena tugas kemanusiaan ini harus tetap dilakukan selama NAD tidak lagi dilanda bencana. Oleh karena itu juga sangat dibutuhkan donator-donatur yang mau membantu sarana dan prasarana bagi operasional relawan dilapangan.

VISI
Sebagai bagian dari Palang Merah Indonesia (PMI) KSR-PMI mempunyai visi kedepan membentuk sumberdaya masyarakat yang potensial dan strategis, sehingga para anggota KSR-PMI dituntut peka dan peran aktif untuk mampu menyediakan pelayanan kemanusia kepada masyarakat yang efektif dan tepat waktu.

MISI
Sebagai organisasi yang consent memberikan sumbangsih kinerjanya tanpa pamrih, KSR-PMI mempunyai visi dan misi sebagai baerikut :
1. Melaksanakan Pelayanan kepalangmerahan yang bermutu dan tepat sasaran mencakup :
a. Bantu kemanusiaan dalam keadaan darurat
b. Pelayanan social dan kesehatan masyarakat
c. Usaha Transfusi Darah
2. Pembinaan generasi muda dalam kepalang Merahan, kesehatan dan kesejahteraan
3. Melakukan konsolidasi organisasi, pembinaan potensi dan peningkatan potensi sumber daya manusia untuk menghadapi situasi sesulit apapun
4. Menyebar dan mengembangkan aplikasi Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan bit Merah serta Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI) dimasyarakat
TUJUAN
1. Memberikan wahana bagi para mahasiswa untuk mendharmabaktikan diri bagi tugas-tugas kepalang merahan dan kemanusiaan sebagai bentuk tanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan.
2. Menyiapakan mahasiswa sebagai kader Palang Merah Indonesia
3. Meningkatkan kebersamaan perjuangan Palang Merah Indonesia
4. Sebagai realisasi pelaksana semangat moral Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dalam memberikan bantuan kepada yang membutuhkan
5. Sebagai Sarana untuk turut serta membantu pemerintah serta pihak-pihak terkait yang peduli kemanusiaan.

FUNGSI
1. KSR-PMI Unit 04 Perguruan Tinggi bertugas membina dan mengembangkan minat, kemampuan dan ketrapilan dalam bidang kepalang merahan
2. Mempunyai bekal pengetahuan keterampilan kecakapan sikap kepribadian jiwa kemanusiaan melalui pembinaan dan pengembangan kepalang merahan
3. KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi memiliki tugas melaksanakan pertolongan atau Bantu kemanisiaan dalam kesatuan yang terorganisir didalam koordinasikan dengan cabang setempat
4. Sebagai wahana untuk merencanakan, melakukan dan mengembangkan kegiatan kepalang merahan

LINGKUP KEGIATAN
1. KEGIATAN RUTIN

a. Donor Darah, membantu unit tranfusi darah Cabang Aceh Utara (UTDC) dan masyarakat yang memerlukan tranfusi darah dengan merekrut pendonor dan sukarela di lingkungan kampus unimal dan siswa/I SMU di kota Lhokseumawe dari tahun 2000 sampai dengan sekarang donor darah di tujukan untuk masyarakat kurang mampu dan yang membutuhkan.

b. Bakti Sosial


  • Perawatan keluarga pada lansia
  • Penyuluhan kesehatan
  • Membuka POSKO P3K
  • Program Pemberdaya Masyarakat
  • Memiliki desa yang dibina atau binaan
  • Menolong korban kecelekaan lalulintas

c. Pelatihan


  • Mengadakan pelatihan kepalang merahan
  • Program pertolongan pertama berbasis masyarakat (CBFA)
  • Pendidikan remaja sebaya (PRS) dan pendidikan wanita sebaya (PWS) untuk masalah HIV/AIDS, kesehatan reproduksi remaja, penyakit menular seksual (PMS), Narkoba dan lain-lain, melalui lokakarya, seminar dan pomolet.

2. KEGIATAN SAAT KONFLIK

a. Evaluasi mayat korban konflik


Untuk kegiatan satu ini khususnya KSR-PMI Unit 04 UNIMAL Merupakan kegiatan yang memang sudah sangat rutin selama konflik berlangsung di NAD dari tahun 2000 s.d tahun 2004 mencapai 500 orang, baik beridentitas maupun tidak beridentitas dan ini hanya bermodal satu unit Ambulance tapi sekarang Ambulance tinggal kenangan karena sudah rusak dan tidak layak pakai dan sekarang sudah dikembalikan ke pihak Universitas Malikussaleh.


Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain :


  • Penangan Pengungsi
  • Mendirikan dapur umum dilokasi pengungsi
  • Traicing and Mailing Cervice (TMS) korban
  • Pos pelayanan social dan kesehatan pengungsian
  • Pertolongan Pertama Psikologis
  • Bantuan konseling pada pengungsi yang mengalami Psikologis Traumatik

KERJASAMA
1. PMI Cabang Aceh Utara
2. Unit Tranfusi Darah (UTD) Cabang Aceh Utara
3. Ikatan Motor Indonesia (IMI) NAD
4. Media Cetak dan Elektronik
5. Baru-baru ini dengan American Red Cross tentang Sosialisasi Flu Burung
FASILITAS
1. Markas / Sekretariat
2. Komputer dengan Akses Internet

SUMBER DANA TIAP KEGIATAN
Setiap kegiatan KSR- PMI lakukan dananya diperoleh dari pihak Rektorat UNIMAL sendiri juga dari PMI aceh Utara tetapi dana yang kami butuhkan selalu tidak mencukupi, bahkan kami terpaksa harus pinjam uang ketempat lain demi suksesnya acara yang kami buat. Disini kami sangat mengharapkan perhatian yang serius dari pihak Rektorat dan PMI demi kelancaran tugas-tugas kemanusian yang kami embank. Terima kasih kami ucapankan kepada Rektor dan PMI Aceh Utara yang telah membantu.
KENDALA DILAPANGAN
Guna lebih memaksimalkan kinerjanya, saat ini kSR-PMI Unit 04 UNIMAL masih banyak terdapat kekurangan dan kendala baik dana operasional, alat-alat kegiatan seperti : AMBULANCE, yang memang sangat representative dalam menjalankan tugas kemanusiaan, alat operasional keadministrasian kantpr/ marker, alat operasional maupun dana tersebut merupakan kendala besar yang kami hadapi agar lebih memudahkan dalam visi dan tugas kami sebagai penbabdian masyarakat yang dalam kondisi apapun siap terjun kelapangan dan kadang kala diluar perhitungan manusia.
Bantuan alat operasional ini sangat dibutuhkan oleh KSR-PMI UNIT 04 UNIMAL, kepada Bapak Rektor agar dapat membantu kami dalam kelancaran dan kemudahan dalam memberikan pelayanan kemanusian. Terutama bantuan AMBULANCE demi kelancaran operasional kemanusian dilapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar